[ads-post]

Bisnis Hobby - Perusahaan konglomerasi Astra grup akan segera merambah bisnis e-commerce di tengah perkembangan bisnis berbasis online. Melalui anak usahanya PT Astra Graphia Tbk (ASGR), Astra akan meluncurkan situs Axiqoe.com di awal tahun 2016.

Untuk mengarap bisnis tersebut, ASGR mengangarkan belanja modal (capex) sebesar Rp 50 miliar. Chief of Finance & Accounting ASGR, Panji Nurfirman mengatakan, dana yang dianggarkan perseroan untuk bisnis tersebut tidak semasif e-commerce lain. Pasalnya, perseroan tidak akan melakukan belanja iklan tetapi bisa mengandalkan basis pelanggan yang sudah ada saat ini.

"Kita punya modal yang kuat untuk masuk e-commerce karena kita sudah mempunyai costumer sekitar 30.000 untuk produk Fuji Xerox dan produk turunan lainnya." terang Panji baru-baru ini.
Menurut Panji, bisnis berbasis online tersebut akan berpotensi menopang kinerja perseroan ke depan. 

Kendati demikian, perseroan tidak akan terburu-buru masuk bisnis ini namun masih harus terus mengkaji pasar dan memperkuat sistem agar flatform Axiqoe.com berjalan lancara saat diluncurkan.
Saat ini, ASGR sudah mulai mengujicoba sistem belanja secara e-commerce sebagai awal untuk memperkenalkan Axiqoe kepada pelanggannya. Namun, masih bersifat business to business (B to B) dan belum bisa dilakukan secara Business to Consumer (B to C).

Panji bilang, Axiqoe.com akan menawarkan solusi dan kebutuhan perlengkapan kantor melalui layanan antar. Ini nantinya akan menjadi ritel channel berbagai produk-produk Astra terutama Astra Graphia. Akan ada ribuan produk yang nantinya akan dijual di Axiqoe.com.

Ke depan, ASGR akan terus mengembangkan konsep bisnis e-commerce ke arah marketplace seperti milik konglomerasi ternama lainnya di Indonesia. Nantinya, Axiqoe.com tersebut juga masuk ke dalam market place tersebut. "Rencannaya akan kita perluas ke market place. Tapi saat ini kita mau matangkan Axiqoe dulu," jelas Panji.

Saat ini, ASGR telah memiliki 29 kantor cabang serta 89 titik layanan yang melayani 514 kota daan kabupaten. Sementara costumer engineer perseroan telah mencapai 285 dan IT konsultant sebanyak 920 orang. (Kont)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.