[ads-post]

 Bisnis Hobby - Berdasarkan kandungan karbohidrat dan nilai gizinya, buah sukun bisa dijadikan sebagai sumber pangan lokal yang cukup potensial. Dengan proses pengolahan yang semakin beragam, buah sukun bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menunjang ketahanan pangan nasional. Salah satunya saja dengan mengolah buah sukun menjadi tepung yang kemudian dikembangkan sebagai bahan pangan alternatif penggganti beras.

Populasi tanaman sukun yang cukup mudah ditemukan hampir di seluruh penjuru daerah, menjadikan buah sukun sangat potensial untuk menutupi kekosongan produksi beras di Indonesia. Di kalangan internasional, tanaman yang memiliki nama latin Artocarpus Altilis ini sering disebut sebagai breadfruit karena daging buahnya hampir mirip dengan roti. Bahkan menurut hasil penelitian para ahli, tepung sukun mengandung pati lebih kurang 60% dan karbohidrat sekitar 18%. Hal inilah yang menjadikan tepung sukun mulai dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat yang memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran.

Konsumen
Tak jauh berbeda dengan jenis tepung lainnya, tepung sukun bisa dimanfaatkan masyarakat luas untuk memproduksi beragam jenis menu makanan. Bahkan saat ini, pemanfaatan tepung sukun menjadi produk makanan dapat mensubtitusi penggunaan tepung terigu sekitar 50 hingga 100% tergantung jenis produk makanan yang akan dibuat. Biasanya, masyarakat memanfaatkan tepung sukun untuk memproduksi mie sukun atau membuat aneka macam kue basah maupun kue kering dari bahan sukun.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.