[ads-post]

Selama ini orang meyangka bahwa memulai bisnis online itu sulit, membutuhkan pengalaman khusus, membutuhkan modal yang besar dan sebagainya. Tidak hanya Anda bahkan saya pun di awalnya berpikir demikian. Sebenarnya pandangan demikian tidaklah sepenuhnya benar. Bahkan memulai bisnis online ini bisa menjadi alternatif bisnis yang mudah dan murah.

Bahkan Faktor kemudahan ini yang kian menarik banyak orang untuk melangsungkan bisnis online. Bila anda perhatikan bisnis online ini mempunyai resiko yang paling kecil dibanding anda melakukan bisnis lainnya. Anda hanya membutuhkan sebuah website yang pengelolaannya lebih mudah dan murah. Katakanlah anda ingin berbisnis pakaian, kalau saat ini anda menyewa sebuah kios di sebuah mall atau pasar, minimal dibutuhkan belasan juta rupiah untuk sewa setahun.

Sedangkan di bisnis online anda hanya membutuhkan sebuah website untuk mencukupi segala keperluan bisnis anda, sebagaimana anda menyewa kios, atau toko yang mahal itu. Belum lagi masalah pengelolaan kios atau toko tersebut. Mengelola sebuah toko online di internet akan jauh lebih mudah, daripada anda mengelola sebuah kios dan toko di sebuah mall dan biaya juga jauh relatif lebih murah. Untuk menyewa sebuah hosting dan beli domain di internet, mungkin tidak sampai sepersepuluh dari sewa toko atau kios jika anda berbisnis off line. Apalagi jika bisnis online ini dilakukan seorang yang punya pengalaman mengelola sebuah web/situs (web master) akan jauh lebih mudah dan gampang dan murah.

Setelah website anda jadi, semua yang berkaitan dengan produk atau service yang akan anda jual bisa anda siapkan sebagaimana biasa dan diaplikasikan dalam situs online anda. Artinya toko anda siap di buka. Satu hal yang menarik disini, begitu sekali anda membuka toko on line anda, maka toko ini akan buka terus menerus selama 24 jam, dan orang bisa berkunjung sesukanya dan dari daerah dan Negara mana saja untuk melihat lihat produk yang di tawarkan. Artinya sambil tidur pun anda terus berjualan. Sedangkan di mall atau pasar anda hanya bisa berjualan dari pagi jam 09.00 sampai 21.00 Wib saja. Waah …menarik bukan?

Dari keseluruhan proses di atas hampir tidak ada hal yang menyulitkan bagi anda. Hal utamanya bahkan semua proses di atas bisa anda kerjakan dengan lebih murah (dan mudah). Jika bisa disarikan berikut beberapa keuntungan bisnis online yang bisa anda dapatkan ;

Lebih mudah dan murah
Lebih kecil resiko
Fleksibel (Bisa anda lakukan di mana saja)
Pengelolaan lebih mudah
Kebutuhan sumber daya lebih kecil
Tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak
Bisa dimulai meski hanya menjual produk orang lain
Bisa menjadi bisnis sampingan dan lain - lain.

Untuk memulai bisnis online secara garis besar, anda hanya membutuhkan 3 bagian penting :

1.Rancangan bisnis sebagaimana biasa (produk atau layanan yang akan anda jual)
Rancangan bisnis adalah hal penting yang harus dilakukan oleh seorang yang akan memulai bisnis, baik itu on line atau off line. Bisnis apa yang akan mereka kerjakan harus mereka rencanakan / planning sebelumnya. Termasuk didalamnya adalah produk atau layanan yang akan mereka jual.

2.Website yang akan menjadi alat bisnis online anda
Website adalah sebuah halaman web yang bisa diakses melalui internet. Sebuah website bisa sebuah halaman atau sebuah skrip program yang saling bekerja selaras untuk tujuan tertentu. Sebuah website bisa dipesan dengan murah (bahkan gratis) kepada seorang disainer web.

3.Pemasaran dan pengelolaan bisnis anda
Pemasaran dan pengelolaan web adalah pemasaran dari sebuah web /situs agar orang - orang mengenal dan mau berkunjung ke web tersebut. Pemasaran web bisa dilakukan dengan berbagai cara; baik dengan murah ataupun biaya lebih mahal. Pengelolaan web, adalah memanagemen dari sebuah web; termasuk didalamnya mengontrol segala akktifitas web. Pengelolaan web secara tekhnis bisa dikerjakan oleh seorang atau dua orang web master. Jika situs anda hanya sebagai usaha sampingan saja, maka anda bahkan bisa mengelola sendiri tugas di atas. Staf - staf bisa diterapkan jika situs anda mengelola website yang membutuhkan pengelolaan yang lebih rumit.

Berikut beberapa catatan penting memulai bisnis online

Sebuah hosting untuk web/situs (cari yang murah, keamanan dan performance baik). Beberapa produk atau service Skrip program web (cukup)

Penampilan sebuah web cukup mempengaruhi kesuksesan sebuah web. Ini sama dengan penampilan sebua toko di Mall atau pasar. Jika penampilan yang kurang baik bisa tata letak memajang dagangan anda kurang baik maka toko anda juga tidak akan menarik bagi calon pembeli. Begitu juga halnya dengan Website anda. Yang kerap terjadi, beberapa web menyediakan service yang baik namun lemah dalam pemasaran web dan pengelolaan tampilan web mereka. Kelemahan ini tentu akan membawa pengaruh besar bagi keberlangsungan binis online mereka.

Dan yang paling penting dalam bisnis on line, jaga kepercayaan pembeli atau pengunjung, jangan membuat sesuatu yang tidak jelas. Termasuk identitas dan alamat atau nomor telpon Anda. Karena dengan bisnis on line, pembeli tidak bertemu langsung dengan penjual. Jangan pernah coba main main, sekali saja anda menipu konsumen, maka bisnis anda bisa tutup. Karena si konsumen bukan tidak mungkin akan memposting komentar tentang anda dan bisnis anda sebagai tipuan di satu dua atau lebih website lain atau mailing list yang akhirnya akan berantai menyebar kemana mana. Bagaimana, anda tertarik? Selamat berbisnis. (Ken)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.