[ads-post]


Bermula dari garasi yang disewanya, Jeff Bezos mendirikan Amazon.com pada tahun 1994. Melalui moto “tumbuh besar dengan lebih cepat”, usaha awalnya berubah dari satu toko buku sederhana menjadi raksasa perdagangan virtual dan toko online terbesar di dunia karena menyediakan berbagai barang dagangan yang super lengkap; mulai dari buku, DVD, CD, musik, permainan, perangkat lunak komputer, pakaian, perhiasan, hingga makanan.

Ketekunan, keahlian teknis, dan komitmen terhadap kualitas yang dimilikinya, membuat Bezos mampu menjadi salah satu orang terkaya di dunia pada usia yang amat muda, 33 tahun. Dia juga pernah dipilih sebagai man of the year pada tahun 1999 oleh majalah Time. Buku ini mengisahkan perjalanan hidupnya yang luar biasa dan rahasia di balik sukses kehidupan bisnis dan pribadinya. Anda pun bisa belajar banyak dari kesuksesannya.

Download bukunya disini


Dalam dunia bisnis ada 2 hal yang tidak dapat dipisahkan, yaitu penjual dan pembeli dimana keduanya bertemu dan saling berinteraksi. Apapun dan bagaimanapun jenis usaha yang kita jalankan, entah berbentuk jasa maupun perdagangan tidak akan pernah terlepas dari kedua unsur ini.

Pepatah mengatakan bahwa konsumen adalah raja. Pepatah ini selalu relevan dan bahkan bersifat universal. Karena bagaimana juga penjual tidak akan bisa menjual jasa dan dagangannya kalau tidak ada pembeli, begitu pula sebaliknya konsumen tidak akan dapat memenuhi segala keperluannya kalau tidak ada penjual.

Dalam dunia usaha konon mempertahankan konsumen atau pelanggan jauh lebih sulit daripada mendapatkan konsumen baru. Karena itu dalam menjalankan sebuah usahanya setiap orang akan elalu berlomba lomba untuk mempertahankan konsumen atau pelanggan tersebut. Karena kalau tidak, bukan tidak mungkin konsumen yang sudah sekian lama berlanggan itu akan beralih menjadi pelanggan dari produsen atau penjual lain.

Karena itu tindakan memperlakukan konsumen sebagai raja biasanya jauh lebih banyak di terapkan oleh perusahaan di bidang jasa. Misalnya kita lihat, bagaimana persaingan antara satu bank dengan bank lain dalam memanjakan nasabahnya dengan memberikan pelayanan yang baik. Mulai dari hanya sekedar membukakan pintu masuk, mengucapkan seamat pagi , selamat siang dengan wajah ramah sang petugas, sampai kepada menawarkan bantuan lainnya. Hal yang ma mungkin juga akan kita alami saat berada di ebuah dealer mobil, dengan wajah yang ramah customer service siap melayani dan memberikan berbagai penjelasan yang dibutuhkan mengenai produk mereka. Bahkan mereka terkadang ampai mengantarkan konsumen ke pintu keluar saat mau pulang. Dengan cara demikian mereka berusaha merebut hati customer untuk bia menjadi mitra.

Kemudian kita tengok juga bagaimana perusahaan dealer mobil memberikan pelayanan, mulai dengan dibukakan pintu masuk dengan wajah yang ramah dari customer servis, diberikan berbagai penjelasan mengenai suatu produk yang ia jual, memberikan ucapan selamat sampai dengan diantarkannya kembali ke pintu keluar disaat si konsumen pulang. Trik-trik semacam itu mereka berupaya bagaimana merebut hati para customer untuk bisa menjadi mitra. Kalau mau bertahan hidup, itulah memang tuntutannya. Kalau mau bertahan hidup dalam dunia usaha trik trik seperti itu memang sangat mujarab untuk diterapkan, bahkan sudah menjadi suatu keharusan.

Selain itu apakah yang harus dilakukan untuk seorang yang hanya punya uaha kecil seja? Apakah juga akan angat berpengaruh trik demikian? Berikut beberapa solusi untuk mempertahankan konsumen:

1. Sapalah konsumen dengan dengan ramah, perlihatkan senyum anda sebagai tanda bahwa anda siap dan senang untuk melayani mereka, sehingg mereka pun merasa nyaman berada di tempat usaha anda.

2. Tanyakan apa keperluan si konsumen, dan sedikit proaktif, untuk terlebih dahulu menanyakan keperluan customer. Misalnya dengan ucapan ada yang bisa saya Bantu….?

3. Rekomendasikan produk dengan kualitas terbaik. Jangan sekali-kali menyarakan produk kepada konsumen asal asalan. Hal ini akan menciptakan kesan buruk bagi pelanggan terhadap produk yang kita jual. Kemungkinan besar untuk berikutnya si customer tak kembali lagi, bahkan menyarankan saudara atau temannya untuk tidak berbelanja di tempat kita. Tapi kalau dia sangat puas dengan produk yang kita rekomendasikan, bukan tidak mungkin dia juga akan merekomendasikan produk dan uaha kita kepada orang lain.

4. Harga yang wajar. Pada tingkat persaingan yang ketat harga suatu produk atau layanan sangat menentukan. Untuk membeli sesuatu konsumen biasanya memilih-milih tempat mana yang lebih murah. Berikan mereka dengan harga yang wajar tapi tetap dibarengi kualitas yang baik, biasanya konsumen akan balik lagi ke tempat kita.

5. Tepati Janji. Upayakan setiap janji yang kita berikan kepada konsumen
selalu ditepati. Jangan sekali-kali kita memberikan janji kepada konsumen kalau memang kita tidak bisa memenuhinya. Hindari jangan sampai konsumen bolak balik ke tempat kita hanya karena janji yang tidak bisa kita tepati, waktu dan uang sudah mereka buang gara-gara janji kita yang tidak tepat. Akhirnya onsumen akan kecewa dan pindah ke tempat lain.

6. Ciptakan kekeluargaan. Pada saat kita tengah memberikan pelayanan, jangan cenderung terfokus pada hasil penjualan akhir saja. Maksudnya, pada saat proses pemberian pelayanan berlangsung jangan bersikap monoton. Libatkan mereka dalam suatu obrolan yang ringan-ringan, misalnya menanyakan tempat tinggal atau bisa juga menanyakan tentang keluarga mereka. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan hubungan.

7. Ciptakan ikatan psikologis. Hal ini dapat dilakukan apabila kita sudah bisa menciptakan ikatan kekeluargaan dengan konsumen. Untuk menciptakan ikatan bathin lakukan dengan cara memberikan ucapan pada momen-monen tertentu, misalnya ucapan selamat ulang tahun, selamat hari raya dan sebagainya. Cukup dengan cara kirim sms. Kiat ini cukup ampuh karena konsumen merasa diperhatikan. Nah kalau ikatan bathin sudah terbentuk sulit bagi konsumen untuk pindah ke tempat lain.

Seandainya enam saja dari tujuh tips tersebut, bisa anda lakukan, kemungkinan besar pelanggan anda tidak akan pergi kemana mana. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Diberdayakan oleh Blogger.